Senin, 23 Juli 2012

Apakah BLW?

Pertanyaan berikut ini adalah pertanyaan "prasyarat" untuk mengikuti Kuis BLW Berhadiah:
Apakah Baby-Led Weaning (BLW) menurut Anda? (Mohon gunakan kata-kata Anda sendiri, bukan hasil copy paste)

Jawaban bisa dicantumkan pada "comment" postingan ini. Nama yang digunakan adalah real name di FB.
Terimakasih :)

24 komentar:

  1. BLW itu memberikan kesempatan bayi untuk belajar mandiri, makan dengan tangan sendiri, dan belajar mengunyah dan menelan makanan yang mana makanan yang dipilih sesuai dengan usia perkembangannya.
    - fb : SAKA KOTAMARA -

    BalasHapus
  2. BLW itu memberikan kesempatan kepada setiap baby u/ belajar makan dgn mandiri.. mulai dari megang sendiri makanannya, menentukan seberapa banyak makanan yg masuk, mengunyah, menelan dan tentunya makan tanpa ada paksaan.. cz sesi makan itu harus dibuat sefun mungkin..
    FB: Clara Ituh Septianita

    BalasHapus
  3. buat saya, menerapkan BLW itu berarti mempercayai bahwa bayi mempunyai insting sendiri untuk menentukan kapan dia siap untuk makan, apa yang akan dimakan, seberapa banyak, dan membuat suasana makan sebagai bagian dari aktivitas yang menyenangkan
    FB : Miladiah Putri Handayani

    BalasHapus
  4. BLW itu menjadikan acara makan menjadi lebih menyenangkan bagi buah hati, karna bayi menentukan sendiri kapan dia ingin mengambil, memasukkan kemulut, mengunyah, menelan makanan.. sehingga selain bayi belajar sambil bermain dengan mengenali buah/sayur dalam bentuk aslinya karna hanya dipotong dan dikukus saja diawal pengenalan BLW, motorik kasar bayi dalam hal ini tangan menjadi terlatih.. bayi akan antusias saat melihat makanan disajikan didepannya, ingin segera menggapai dan meraupnya. berbeda dengan anak2 yang mpasinya menggunakan puree/bubur, mereka disuapi dan dipaksa makan sebanyak2nya..
    anak2 BLW cendrung menyukai makanan karna mereka bisa bereksplorasi sesuka hati mereka sambil belajar.. ibaratnya sambil menyelam minum susu..selain itu anak diajari makan dengan tata kramanya, 1. duduk (bukannya berjalan sepanjang jalan kompleks dengan ibunya membawa semangkok bubur/puree), 2. mengunyah (meski blum bisa langsung sempurna karna diawal2 BLW akan sering terjadi gagging, bayi BLW terlatih melatih rahangnya untuk mengunyah, sesuai dengan sunnah Rasulullah saw, bukan main telan seperti halnya bayi2 puree/bubur). 3. berhenti sebelum kenyang (anak menjadi tau kapan dia lapar dan kapan dia berhenti), 4. mengajarkan kebersihan (sebelum dan sesudahnya diajari untuk mencuci tangan)
    anak2 BLW cendrung tidak pernah sembelit, dan jarang yang menderita obesitas.. keuntungan BLW lainnya, bundanya juga belajar menjadi lebih kreatif menciptakan menu2 baru yang sesuai standar BLW. artinya anak juga ga akan suka makan jajanan sembarangan.. ^___^ (FB: Lia Bunda Wafa')

    BalasHapus
  5. BLW itu moment dimana anak belajar untuk mengenal makanan dengan caranya sendiri tanpa bantuan dari orang lain atau orang tuanya.. Bentuk makanan yang biasa diberikan diawal BLW ialah makanan yang sesuai dengan bentuk aslinya tanpa di modifikasi dengan bahan makanan lain yang bertujuan agar anak mengetahui bentuk makanan dan rasa awal dari makanan tersebut. Dengan BLW anak belajar untuk memilih mau mencoba makan atau hanya memain-mainkan makanannya. Dengan BLW bayi juga diharapkan bisa berlatih mengunyah dan menelan makanannya sendiri.
    akun FB : Fransisca Meiry Puspita

    BalasHapus
  6. BLW atau Baby Led Weaning adalah pemberian makan secara langsung (makanan keluarga) tanpa melalui tahapan makanan dengan konsistensi lembut, seperti puree buah/bubur ASI. Teknik ini membutuhkan kesabaran dari bunda, karena saat bayi mulai makan, janganlah berharap bayi atau rumah akan bersih. BLW memberikan kesempatan untuk bayi bebas berekspresi dengan makanan. mau dimakan, dimainkan, dibuang, ya suka-suka bayinya. selain itu, BLW juga memudahkan bunda dalam mengolah makanan. seperti layaknya makanan yang ayah dan bundanya makan. momen ketika bayi makan, bisa dijadikan momen untuk orang tua makan juga alias ga da yang repot harus menyuapkan makanan. memberikan kepercayaan yang lebih juga ke bayi, kalau bayi itu memang pintar dan sangat pintar ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. lupa mencantumkan.. FB: Mirma Yudha Firdausi

      Hapus
    2. BLW adalah suatu metode penyajian makanan (M-PASI) dimana anak berperan sebagai subyek atau memegang kendali terhadap makanan yang disajikan tersebut. BLW diterapkan setelah bayi lulus asi eksklusif 6 bulan, sehingga dapat dikatakan BLW merupakan lanjutan dari asi eksklusif karena bayi memegang kendali kapan ia merasa lapar atau sudah kenyang. BLW banyak memberi manfaat bagi perkembangan motorik dan membangun kemandirian bayi sejak dini. Makanan yang disajikan dalam BLW berupa finger food yaitu makanan padat yang memudahkan bayi untuk memegangnya. Diharapkan bayi belajar mengunyah sejak dini dengan dibantu gusi apabila gigi belum tumbuh. Dengan BLW anak makan dengan perasaan senang dan tanpa paksaan, karena ia menikmati dengan caranya sendiri. Ada yang pertama BLWan makanan dibuang, diremas-remas, didiamkan, diemut atau langsung dimakan. Hal ini wajar karena BLW butuh proses. Bayi tidak langsung bisa makan sendiri, seiring waktu maka ia akan mahir, butuh kesabaran orang tua. Tahapan eksplorasi, pincer grip, membuang makanan, dan memakannya dengan konsisten akan dilaluinya. Kendali orang tua adalah mengawasi dan menyediakan makanan sehat. Permasalahan mengenai asupan nutrisi, pencernaan bayi, berat badan, reaksi anak dan berantakan sering menjadi hal yang dirisaukan orang tua yang ingin menerapkan BLW. Memang wajar karena hal yang masih asing pasti akan menimbulkan keraguan. Akan tetapi dengan mendalami prinsip kerja BLW maka keraguan itu akan sirna dan akan berganti dengan buah yang terasa manis alias manfaat BLW itu sendiri.(FB: Nur Hajjah)

      Hapus
  7. Baby-Led Weaning itu (menurut penafsiran saya yang baru kenal ama BLW hari ini) adalah proses pengajaran, sekaligus pengenalan makanan kepada anak, dengan metode pengalaman.

    Membiarkan anak memegang sendiri makanannya, akan memberikan pengalaman makan yang baik, karena saat itu, ia begitu excited dengan "barang baru" ini.

    Hasil dari pelajaran berupa pengalaman ini akan dibawanya sampai besar, diantaranya :

    1. Saat makan merupakan saat yang menyenangkan.
    2. Makanan adalah sesuatu yang enak. Ini didapatkan dari pengalaman, bayi hanya mengambil yang enak menurutnya.
    3. Dari pengalaman mengenal makanan yang disekitarnya dari kecil, maka ia tidak akan susah memilih makanan saat ia besar.

    Demikian jawaban saya untuk kuis ini, berdasarkan pengalaman saya membaca artikel BLW barusan. Oiya, saya juga barusaja bergabung dengan grup BLW ini di fb. Semoga bisa menerapkan BLW pada bayi saya yang sudah 6 bulan dan 3 minggu...

    Nama Facebook : Risa Tri Khurnia Arisakti

    BalasHapus
  8. BLW adalah metode makan untuk bayi yang telah memasuki usia 6 bulan untuk memberikan kesempatan kepadanya mengenal makanan secara alami sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya.

    Salam,

    BalasHapus
  9. menurut saya BLW adalah metoda baru dlm artian istilahnya baru... yang intinya adalah memberikan kesempatan pada bayi untuk menyicipi makanan yang ingin dicicipinya dengan tangannya sendiri. kita berperan dalam pendampingan dan pengarahan dalam proses icip-icip tadi. misalnya, "Nak makannya pake tangan kanan ya.. kalau mau makan baca doa dulu, Bismillahirrahmanirrahiim.." jadi proses perkenalan makanan tadi jd lebih menarik buat si bayi dan edukasi dari kita tetep nyampe... trimakasih

    BalasHapus
  10. Alvika Hening Perwita24 Juli 2012 20.24

    BLW itu melatih insting bayi untuk makan, insting dalam artian paham akan rasa kenyang dan lapar... sama seperti menyusu, bayi akan meminta bila lapar dan akan berhenti bila sudah kenyang.. kuncinya hanya satu: percayakan pada insting bayi karena setiap bayi dilahirkan dengan cerdas.. kita sebagai orang tua hanyalah sebagai fasilitator penyedia makanan sehat bagi bayi, menawarkan makanan, dan menemaninya makan sambil menjelaskan dengan "fun" apa yg sedang ia makan..

    BalasHapus
  11. blw merupakan salah satu metoda pembelajaran dan pengenalan acara makan pada bayi. bayi mengenal dan merasakan sendiri makanannya serta memegang kontrol penuh ttg bagaimana dan dengan cara apa dia akan memakannya. poin penting yg didapat dr blw adlah kemandirian, kepercayaan dan kebebasan berekspresi anak yg akan mempemgaruhi behaviour-nya kelak..

    salam blw

    nama fb: faiza singgih

    BalasHapus
  12. ikut jawab aah... :)
    blw...teknik memberi makanan pendamping asi kepada si kecil dengan mengenalkan beragam makanan (diawali buah dan sayur),dimana anak diijinkan untuk memegang dan merasakan sendiri apa yang dimakan. orang tua memberi kepercayaan pada anak untuk "menikmati" makanannya sendiri, tentunya tetap dengan pengawasan. harapannya anak memiliki persepsi yang positif terhadap makanan dan aktivitas makan, terhindar dari perilaku pilih-pilih makanan, ga mau makan, atau makan berlebihan. dampak psikilogisnya, anak akan memiliki kontrol diri yang lebih baik, lebih percaya diri, dan lebih berani membuat pilihan - tentu hal ini perlu disertai perlakuan dari orang tua yang selaras dengan prinsip-prinsip blw.
    fb: laela siddiqah

    BalasHapus
  13. blw adlh salah satu metode pemberian mpasi dgn artian memberikan kesempatan kpd anak untuk memulai sendiri dan sesuai kehendaknya..kalau sy pribadi blw bs makan sendiri ataupun disuapi (ketika ckp besar) dgn syarat anak yg memang menginginkan. pintar2 membaca apa yg dimau anak..intinya ya baby or toddler yg "led"..aduuhh..bhsnya aneh..hehe..

    bita tahajjaddati

    BalasHapus
  14. blw:mengajarkan bayi mandiri sedari mpasi,percaya insting bayi dalam menentukan makanannya(memberi pilihan makanan sehat tentunya),dan memahami bahwa 'kelodok' ato gagging adalah proses normal dalam belajar makan.
    By Ardiba Sefrienda

    BalasHapus
  15. BLW memberikan kesempatan bayi (yang mulai MPASI)makan secara mandiri.
    BLW cara makan yang menyenangkan.
    BLW melatih motorik bayi.

    FB. Shantie Ummu Naura Zain

    BalasHapus
  16. BLW yang saya pahami adalah sebuah metode pengenalan makanan
    kepada bayi dengan prinsip menggali potensi anak. Dengan BLW
    kemampuan, insting, serta naluri anak berkembang secara
    bertahap. Anak pun belajar membeda bentuk, tekstur, dan rasa sehingga bayi memiliki alarm alamiah untuk mengontrol sendiri tubuhnya. Dalam prosesnya, tidak ada unsur paksaan atau
    keharusan yang memaksakan bayi untuk makan hal jenis makanan
    tertentu. Semua bergantung pada keinginan bayi. Istilahnya mau
    dimakan sukuuur.. Kalo gak dimakan, coba lagi yuuk lain kali atau
    ayoo, pilih sendiri makanan lainnya.. :) BLW membuat anak saya
    selalu riang saat makan. Ia tertawa2 dan menikmati setiap rasa yg
    disajikan.
    Salam,
    Putri Eka Juliarni

    BalasHapus
  17. BLW yang saya pahami adalah sebuah metode pengenalan makanan
    kepada bayi dengan prinsip menggali potensi anak. Dengan BLW
    kemampuan, insting, serta naluri anak berkembang secara
    bertahap. Anak pun belajar membeda bentuk, tekstur, dan rasa sehingga bayi memiliki alarm alamiah untuk mengontrol sendiri tubuhnya. Dalam prosesnya, tidak ada unsur paksaan atau
    keharusan yang memaksakan bayi untuk makan hal jenis makanan
    tertentu. Semua bergantung pada keinginan bayi. Istilahnya mau
    dimakan sukuuur.. Kalo gak dimakan, coba lagi yuuk lain kali atau
    ayoo, pilih sendiri makanan lainnya.. :) BLW membuat anak saya
    selalu riang saat makan. Ia tertawa2 dan menikmati setiap rasa yg
    disajikan.
    Salam,
    Putri Eka Juliarni

    BalasHapus
  18. BLW yang saya pahami adalah sebuah metode pengenalan makanan
    kepada bayi dengan prinsip menggali potensi anak. Dengan BLW
    kemampuan, insting, serta naluri anak berkembang secara
    bertahap. Anak pun belajar membeda bentuk, tekstur, dan rasa sehingga bayi memiliki alarm alamiah untuk mengontrol sendiri tubuhnya. Dalam prosesnya, tidak ada unsur paksaan atau
    keharusan yang memaksakan bayi untuk makan hal jenis makanan
    tertentu. Semua bergantung pada keinginan bayi. Istilahnya mau
    dimakan sukuuur.. Kalo gak dimakan, coba lagi yuuk lain kali atau
    ayoo, pilih sendiri makanan lainnya.. :) BLW membuat anak saya
    selalu riang saat makan. Ia tertawa2 dan menikmati setiap rasa yg
    disajikan.
    Salam,
    Putri Eka Juliarni

    BalasHapus
  19. BLW adalah salah satu metode pemberian mpAsi yang memperkenalkan solid food pada bayi sejak dini dengan cara membiarkan bayi untuk mandiri, mengambil dan memakan makanannya sendiri, tanpa disuapi.

    cause food is for fun for the baby under 1 year :)

    nama FB : anggun oktari

    BalasHapus
  20. Umm 'Abdirrahman29 Agustus 2012 21.11

    BLW adalah FUN!
    Pemberian MPASI yang menyenangkan baik bagi ibu maupun bayinya. Karena ibu gak perlu repot-repot membuat tim saring dsb, cukup bahan-bahan yang ada diolah secara praktis saja, bahkan gak jarang menu yang sama dengan seluruh keluarga. Juga tidak perlu capek-capek "keliling komplek" untuk menjejali bayi dengan makanan.
    Bayi juga jika dia mau maka makan, jika tidak suka ya tidak ada pemaksaan. BLW juga mengajarkan keterampilan makan pada bayi (motorik). Juga, melatih anak untu dapat mengambil keputusan.

    FB: 'Nigiina' Wening Galih Hasdiena

    BalasHapus
  21. BLW yang saya pahami adalah metode memberikan makanan pada bayi dengan cara melatih bayi untuk berperan aktif secara mandiri dalam ritual makannya mulai dari sikap saat makan (harus duduk), mengambil makanan dari piring, memasukkan ke mulut sampai makanan masuk ke perut. Dan bonusnya sekaligus melatih motorik bayi dan mengajarkan problem solving karena bayi harus berusaha sendiri hingga makanan bisa masuk ke perutnya.

    BalasHapus
  22. BLW yang saya pahami adalah metode
    memberikan makanan pada bayi dengan cara
    melatih bayi untuk berperan aktif secara mandiri
    dalam ritual makannya mulai dari sikap saat
    makan (harus duduk), mengambil makanan dari
    piring, memasukkan ke mulut sampai makanan
    masuk ke perut. Dan bonusnya sekaligus melatih
    motorik bayi dan mengajarkan problem solving
    karena bayi harus berusaha sendiri hingga
    makanan bisa masuk ke perutnya. fb nusaibah yusuf

    BalasHapus