Jumat, 20 Mei 2011

Menu BLW bulan pertama

Selama satu bulan pertama menjalani BLW, Almira sudah mengenal:
  • yg dikukus: wortel, ubi, kentang
  • yg ngga dimasak: melon orange, pepaya, apel, pear (kuning & hijau), jambu biji merah & timun (kulit&biji dihilangkan)
Semuanya disajikan dalam bentuk potongan finger food berukuran kira-kira 10 cm sehingga mudah digenggam oleh tangan seorang bayi :) 

11 komentar:

  1. 1st food 'rayi' timun...
    kesan pertama kita yg ktakutan takut kseleeeek....dia si enjoy aja ngemuut adem kali ya maem timun
    wkwkwk...

    BalasHapus
  2. 'rayi' kalo dalam bahasa jawa artinya 'adik' ya Mbak :)

    kalo di buku BLW disebutin, timun dingin bagus utk meredakan linu di gusi ketika akan tumbuh gigi :)

    BalasHapus
  3. mba apa gak keselek sama babynya kalo dikasi gede2 gt,, aku pernah kasi anakku pir yang lie,, dia suka,, awalnya diisep2 sama dia,, tapi lama2 dia mulai gigit2 dan ternyata ada serpihan pir yang kepotong oleh gusinya,, alhasil dia keselek mba..

    BalasHapus
  4. sebetulnya istilah yg lebih tepat 'gagging' mbak. beda dengan keselek (choking). gagging itu mekanisme alami sebagai refleks bayi mengeluarkan benda2 yg terlalu besar yg masuk ke mulutnya.
    udah saya tulis di sini Mbak:
    http://babyledweaning-indonesia.blogspot.com/2011/05/akankan-bayi-tersedak-dengan-blw.html

    BalasHapus
  5. mba..aq follow blogmu yaa.. salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih Mbak. salam kenal juga :)

      Hapus
  6. 2 minngu lagi anakku 6bulan..BLW udh mulai bisa diterapkan dr awal bulan ke 6 mbak?klo ikan dan protein yang lainnya, kapan mulai bisa diberikan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting sudah menunjukkan tanda-tanda kesiapan, seperti:
      1. bisa duduk tegak walau dipangku
      2. bisa meraih makanan yg disajikan di depannya dan mengarahkan ke mulut dengan tangannya sendiri
      3. menunjukkan gerakan mulut seperti mengunyah atau menggerogoti makanan

      untuk panduan makanan sesuai umur, silakan dilihat di sini:
      http://www.babyledweaning-indonesia.com/2011/10/panduan-makanan-bayi-sesuai-umur.html

      Hapus
  7. mbak, anakku awalnya BLW, tp makin lama dia seperti gak puas gitu, gigit2 terus, lama2 marah, seperti kelaparan:) akhirnya ku bikin pure. stlh ada makan yg masuk ke perutnya barulah dia diem, anteng. jd skrng sy lebih sering pure2. tp msh pengin bgt BLW.
    gmn ya?

    mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pas kelaparan trus belajar makan padahal belum langsung berhasil nelan makanan jadinya ya frustrasi seperti itu. seharusnya memang sesi makan bukan pada saat si anak sedang sangat kelaparan. jadi mending dikenyangin ASI dulu, setengah jam berikutnya baru dikenalkan belajar makan. :)

      Hapus
  8. mba aq mau tanya nih..
    kan tanda2nya dia bisa di kasih makan kalo dia sudah bisa duduk tegak, masukin makanannya sendiri, terus udah mulai tau cara mengunyah makanan. nah anak aq baru 4 bulan sudah bisa semua itu..kira2 udah bisa di kasih belum ya? kebetulan aq mau coba metode BLW. terus di combine sama sufor gpp kan? karna ASI aq dikit banget..

    BalasHapus